Jadi, masihkah berhaji itu wajib? Kata Ade Armando


Melalui akun Twitter pribadinya @adearmando1, dosen komunikasi Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Paramadina itu mempertanyakan apakah haji hukumnya wajib. Ia berdalih, jumlah umat Islam saat ini mencapai 2 miliar. Jika semuanya naik haji, menurut Ade, tentu Makkah tidak akan muat.

Insiden Mina menjadi “panggung” bagi banyak pihak. Media Iran langsung menuduh pangeran Arab Saudi sebagai penyebabnya. Seorang anggota DPR RI mengusulkan Makkah dan Madinah diambil alih dari Arab Saudi. Denny J.A memunculkan ide haji tidak hanya di bulan Dzulhijjah. Tak ketinggalan, Ade Armando pun melontarkan pernyataan yang tak kalah konyolnya.

“Umat Islam itu dua milyar. Kalau berhaji itu wajib, bagaimana mungkin Mekah menampung 2 milyar orang. Jadi, masihkah berhaji itu wajib?,” kicaunya baru-baru ini.

Sontak, kicauan itu mendapat banyak balasan dari pengguna Twitter. Ada yang mencoba memahamkan Ade bahwa hukum haji itu wajib bagi yang mampu. Bukan seperti wajibnya shalat.

“om @adearmando1.. haji itu wajib untuk yang mampu..(sehat, punya duit, aman).. dari 2 milyar itu berapa yang mampu, di satu saat?,” tulis akun @srigalapagi.

“kan sudah dikatakan bagi yang mampu… toilet di rumah juga tidak sebanyak anggota keluarga.. tergantung yang kebelet siapa.. faham?,” tambah @tahamaaruf.

Ada pula yang menyindir bahwa tidak mungkin 2 miliar orang berangkat haji bersama-sama.

“Dua milyar umat muslim berhaji serempak, yang jaga warung siapa ….. ?,” cuit @MohammadMakruf.

Sebagian lagi mengingatkan Ade dengan pendekatan berbeda.

“@adearmando1 Mas kalo cari sensasi jangan masuk wilayah kewajiban perintah agama. Mending sensasi ala vicki prasetyo, sampean dijamin laku on air,” kata @zulfanny. [dakwah]

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ عَنْ ابْنِ أَبِي مُلَيْكَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أَبْغَضَ الرِّجَالِ إِلَى اللَّهِ الْأَلَدُّ الْخَصِمُ
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Waki' dari Ibnu Juraij dari Ibnu Abi Mulaikah dari 'Aisyah dia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Orang yang paling Allah benci adalah orang yang keras kepala lagi suka bermusuhan." (HR Muslim)

© 2013 iPRESS. All rights resevered. Designed by Templateism